Semarang, 15 Oktober 2016

   Setelah mengisi orasi ilmiah pada peringatan Dies Natalis ke-59 Universitas Diponegoro (Undip) di Tembalang, Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 15 Oktober 2015, Wapres JK ditemani oleh Menristekdikti dan Rektor Undip mengunjungi stand penelitian yang telah dikembangkan oleh Universitas Diponegoro. Salah satu stand penelitian yang dikunjungi adalah penelitian tentang tangan bionik. Dekan Fakultas Teknik, Undip, Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD. menerangkah bahwa tangan bionik yang telah dikembangkan oleh Undip telah diujicobakan pada pasien penyandang disabilitas tangan dan tangan bionik ini akan lebih terjangkau oleh masyarakat di Indonesia. Harga tangan bionik yang sudah ada dari negara maju cukup mahal. Selain itu Wapres JK juga melihat tangan bionik digerakkan melalui sensor EMG yang diperagakan oleh salah satu mahasiswa Undip.

   Setelah mendengarkan penjelasan dari Dekan FT, Wapres JK senang dan berharap tangan bionik ini dapat dimanfaankan oleh para penyandang disabilitas tangan di Indonesia. Tangan bionik “AstoHand” tersebut memiliki beberapa mode penggenggaman jari yang dapat dipilih oleh pengguna. Sehingga pengguna bisa melakukan beberapa gerakan jari tangan seperti pada jari tangan manusia. Tangan bionik tersebut didesain berdasarkan ukuran tangan rata-rata masyarakat di Indonesia. Sehingga ketika dipakai oleh penyandang disabilitas tangan, tangan bionik tersebut tidak berbeda ukurannya dengan tangan yang masih ada.

Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) ditemani oleh Menristekdikti sedang mendengarkan penjelasan tentang Tangan Bionik Undip dari Dekan FT Undip, Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD.

   Setelah melihat tangan bionik, Wapres JK juga melihat hasil penelitian dari Departemen Teknik Mesin Undip yang lain yaitu Supernumerary Robotic Fingers (SRFs). SRFs merupakan dua jari robotic tambahan yang dapat dipakai oleh orang yang sehat atau orang yang terkena hemipharetic. Dengan menggunakan SRF kegiatan sehari-hari yang memerlukan dua buah tangan cukup dilakukan dengan satu tangan yang dibantu dengan SRF.

Dosen Departemen Teknik Mesin Undip sedang memperlihatkan SRFs kepada Wapres JK dan rombongan